Pelatihan Kantor Sendiri tentang Reviu Laporan Kuangan Daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012

Rabu, 26 Desember 2012 09:44:25 - Oleh : Admin

Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, mengadakan Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) bertempat di Aula Inspektorat Daerah Kamis (20/12) dan Jumat (21/12). Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Sudarmanto, S.IP, M.Si. Pelatihan tentang Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012 ini diperuntukkan bagi Pegawai Inspektorat khususnya bagi para Auditor.

BPKP Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menugaskan Muhammad Masykur, Cinta Adriani, Agus Widodo dan Sri Maryanti sebagai Narasumber dalam pelatihan ini.

Cinta Adriani dalam awal pelatihan mengatakan bahwa tujuan Reviu Laporan Keuangan Daerah adalah meyakinkan bahwa Laporan Keuangan sudah sesuai dengan Standar Akutansi Pemerintah atau belum.

Selanjutnya Agus Widodo memberikan penjelasan tentang SIMDA, Audit Program antara lain mengenai Jurnal korolari, Mapping dengan SAP menurut Permendagri (sudah lengkap apa belum) dan tentang Belanja Wajib Mengikat menurut Permendagri.

Agus Widodo juga memberikan penjelasan tentang Rekening data entri baik Penganggaran, penatausahaan maupun akuntansi yang merupakan wilayah SKPD dalam penginputannya. Inspektorat hanya bisa melihat tanpa dapat mengubah data tersebut.

Selanjutnya Agus Widodo menjelaskan mengenai Audit Program yaitu yang pertama mengenai apakah semua jurnal telah diposting dalam SIMDA atau belum. Belanja diakui pada saat terbit SP2D / persetujuan fungsi definitive pada BUD, bukan saat pencairan SP2D. Agus Widodo juga mengingatkan bahwa saldo akhir Kas BUD dengan saldo rekening Kas Daerah dapat berbeda dan perlu kita rekonsiliasi. Hal ini disebabkan karena SP2D sudah diterbitkan oleh pihak ke3, dan baru dicairkan ke Bank setelah dia sempat mencairkan sampai tahun berikut, sehingga saldo BUD belum berkurang.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan tanya jawab peserta dengan Narasumber, dikaitkan dengan berbagai kendala yang dialami dalam melakukan Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo. Diharapkan dengan kegiatan ini, pelaksanaan Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dapat lebih baik. (punk)

« Kembali | Kirim | Versi cetak