Pelatihan Kantor Sendiri tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Jum`at, 11 Januari 2013 20:24:57 - Oleh : Admin

Selamat Idul Fitri 1435 H

Jadwal Pemeriksaan Bulan Juli 2014

Studi Banding Inspektorat Kota Pekalongan

Tentang PMPRB

Jadwal Pemeriksaan Bulan Juni 2014

Jadwal Pemeriksaan Bulan Februari (kedua)

 

 

Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, mengadakan Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) bertempat di Aula Inspektorat Daerah Jumat (11/1). Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Sudarmanto, S.IP, M.Si. yang sekaligus sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Selanjutnya acara dimoderatori oleh Endah Wulandari, SSTP, M.M, Auditor Muda Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo. Pelatihan tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini diperuntukkan bagi Pegawai Inspektorat secara keseluruhan.

Sudarmanto, SIP, M.Si. menyampaikan bahwa Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi merupakan instrument penilaian kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi yang dilakukan secara mandiri (self assessement) oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasinmencakup penilaian terhadap dua komponen yaitu Pengungkit (enablers) dan Hasil (result). Pengungkit adalah seluruh upaya yang dilakukan oleh instansi pemerintah dalam menjalankan fungsinya, sedangkan Hasil  adalah kinerja yang diperoleh dari komponen pengungkit.

Hubungan sebab-akibat antara Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil dapat mewujudkan proses perbaikan bagi instansi melalui inovasi dan pembelajaran, dimana proses perbaikan ini akan meningkatkan kinerja instansi pemerintah secara berkelanjutan.

Komponen Pengungkit sangat menentukan keberhasilan tugas instansi, sedangkan komponen Hasil berhubungan dengan kepuasan para pemangku kepentingan.

 

Dalam hal ini Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo berperan sebagai koordinator asesor dalam melakukan asesmen penilaian dan leading sector penilaian di tingkat Kabupaten. Asesor melakukan asesmen terhadap Unit Kerja yang menjadi bidang tugasnya. Inspektorat Daerah akan mendaftar Unit Kerja dan asesor. Selanjutnya Inspektorat Daerah akan memimpin Panel untuk mengesahkan Nilai Akhir Reformasi Birokrasi.

Nantinya setelah data diolah maka hasilnya akan berbentuk Profil Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang akan dilihat/diikuti oleh publik.

 

Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan tanggapan dan tanya jawab oleh peserta. Kegiatan ini akan dilanjutkan lagi nanti dengan penerapan/aplikasi secara lebih intensif. (punk)  

 

« Home | Kirim | Versi cetak