Sosialisasi/Bimtek Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB)

Kamis, 31 Januari 2013 15:30:14 - Oleh : Admin

Senin (28/01), bertempat di Gedung Kaca Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo telah dilaksanakan Sosialisasi/Bimtek Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, dan sebagai peserta yaitu seluruh Kepala, Sekretaris dan Kepala Bagian Umum/Tata Usaha SKPD se Kulon Progo. 

 

Acara diawali dengan laporan panitia penyelenggara oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Sudarmanto, S.IP, M.Si. 

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Budi Wibowo, S.H, M.M. membuka sosialisasi/bimtek ini, dan dalam sambutannya menyampaikan Rencana Implementasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo berpesan agar setiap Kepala SKPD dapat memahami dan memberikan perhatian terhadap ketugasan ini, dan membentuk tim kecil di SKPD masing-masing yang mensuport tugas para asesor SKPD.

Selanjutnya materi tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Sudarmanto, S.IP, M.Si. Materi dibagi menjadi 5 Bab yaitu Memahami Sistem Aplikasi Online, Melakukan Penilaian Komponen Pengungkit, Melakukan Penilaian Komponen Hasil, Memberikan Sub Kriteria Target Indikator Internal (9 Program Mikro Reformasi Birokrasi), Menilai Sub Kriteria Pemenuhan Target Indikator Eksternal. Sudarmanto, S.IP, M.Si juga menyampaikan tentang Time Schedule dan pembagian tugas pelaksanaan kegiatan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini.

 

Dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Drs. Yohanes Irianta, M.Si., menyampaikan tentang Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo 2012-2016.

 

Selanjutnya Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan Bagian Organisasi, Heri Warsito, S.H. menyampaikan materi tentang Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Rencana Survey IKM Tahun 2013.

 

Para peserta sosialisasi/bimtek mengikuti paparan dan mempraktekkan langsung mekanisme pengisian aplikasi Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi secara online ini. Diharapkan setelah sosialisasi/bimtek ini, para peserta dalam hal ini yaitu para asesor di seluruh SKPD dapat memahami dan segera menindaklanjuti program ini dengan segera membentuk Tim kecil untuk kelancaran pelaksanaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi secara online sesuai dengan time schedule dan pembagian tugas yang telah disampaikan. Jika dalam pelaksanaan kegiatan ini SKPD mengalami kesulitan, dapat menghubungi Inspektorat Daerah, karena telah dibentuk Tim Pendamping di Inspektorat Daerah dan telah dijadwalkan pendampingan ini pada bulan Februari 2013 sampai dengan Minggu III Maret 2013. (punkg)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak