Rapat Koordinasi Peningkatan Kapabilitas APIP

Selasa, 5 September 2017 12:17:03 - Oleh : Perenc Keu (mr.M)

Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Selasa (5/9). Rapat dipimpin oleh Sekretaris, Drs. Anang Suharsa, dihadiri oleh Tim Pelaksana Kegiatan Peningkatan Kapabilitas APIP.

 

Rapat koordinasi dilaksanakan karena pada tahun 2017 ini, Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo menargetkan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memasuki tahapan menuju posisi Level 3 (integrated). Ketika Level 3 ini telah dicapai itu berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan, serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.

Model yang dikembangkan oleh Insititute of Internal Auditor (IIA) Research Foundation Internal Audit Capability Model berupa Internal Audit Capability Model (IA-CM) merupakan acuan pengukuran dalam peningkatan kapabilitas APIP. Dalam model ini terdapat tools berupa kerangka kerja yang mengindentifikasi aspek-aspek fundamental yang dibutuhkan untuk pengawasan intern yang efektif di sektor publik, yang menggambarkan jalur evolusi untuk organisasi sektor publik dalam rangka mengembangkan pengawasan intern yang efektif untuk memenuhi persyaratan tata kelola organisasi dan harapan profesional, yang menunjukkan langkah-langkah menuju kondisi tingkat kapabilitas pengawasan intern yang kuat dan efektif. Terdapat 6 (enam) elemen yang dinilai dari model tersebut yaitu Peran dan Layanan ; Pengelolaan Sumber Daya Manusia ; Praktik Profesional ; Akuntabilitas dan Manajemen Kinerja ; Budaya dan Hubungan Organisasi ; serta Struktur Tata Kelola.

Dalam rapat koordinasi, dirumuskan langkah-langkah yang perlu segera disiapkan dalam mendukung proses pencapaian tersebut, antara lain : 1). Membentuk tim yang akan bekerja untuk menginventarisir dan mengakomodir semua komponen/elemen pendukung peningkatan leveling tersebut; 2). Merancang, membangun dan menerapkan Sistem Infomasi pengawasan berbasis IT untuk mendukung kelancaran tugas-tugas pengawasan; 3). Mengoptimalkan kegiatan Peningkatan Pelatihan Mandiri (PPM) sebagai salah satu sarana efektif meningkatkan kapabilitas APIP.

Dengan terwujudnya kapabilitas APIP pada level 3 di Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo, diharapkan akan membawa dampak bagi APIP yang mampu melaksanakan perannya dengan handal dan profesional.

« Kembali | Kirim | Versi cetak