Kunjungan Kerja / Benchmarking ke Inspektorat Kabupaten Klaten

Rabu, 19 September 2018 13:46:38 - Oleh : Inspektorat Daerah KP

Senam Jumat Pagi 12 Juli 2019

Pengajian Inspektorat Daerah

Senam Jumat Pagi 5 Juli 2019

Koordinasi dalam rangka Penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) Tahun 2019

Senam Jumat Pagi

Dalam rangka berbagi pengalaman dan kerjasama di bidang Pengawasan khususnya dalam Pelaksanaan Pengelolaan Aset Daerah / Cash dan Stock Opname Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kunjungan kerja / benchmarking ke Inspektorat Daerah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 19 September 2018 sebanyak 7 orang yang dipimpin oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo Bambang Sutrisno, S.Sos., M.Si.

Kegiatan Cash dan Stock Opname merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo setiap akhir Tahun Anggaran, hal tersebut bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas penyajian Laporan Kas dan Persediaan Barang Pakai Habis pada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2018.

Merujuk pada pengertian cash opname itu sendiri merupakan audit kas atau pemeriksaan secara fisik dan membandingkan antara jumlah catatan akuntansi dengan uang kas yang dipegang saat ini baik itu uang yang disimpan di brankas ataupun yang ada di tangan (cash in on hand) saat ini. Sedangkan stock opname merupakan kegiatan penghitungan fisik persediaan yang ada di gudang untuk kemudian di distribusikan baik ke bidang/bagian yang ada di OPD tersebut maupun ke masyarakat / penerima, Hal ini untuk mengetahui keakuratan catatan pembukuan yang merupakan salah satu fungsi sistem pengendalian intern. Melalui cash dan stock opname akan diketahui keakuratan pembukuan kas dan pembukuan stok persediaan. Apabila terjadi selisih antara cash dan stock opname dengan catatan pembukuan, maka kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau terjadi kecurangan (fraud).

 

##cdr'18

« Kembali | Kirim | Versi cetak