Exit meeting Pemeriksaan Terinci BPK RI atas LKPD 2016

Selasa, 16 Mei 2017 02:49:37 - Oleh : Sub Bag Perenc dan Keu

Setelah melaksanakan pemeriksaan terinci sejak tanggal 6 April sampai dengan 13 Mei 2017 atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kulon Progo tahun anggaran 2016, BPK RI Perwakilan DIY, menyelenggarakan exit meeting pada Senin, (15/05) di Ruang Sermo, Pemkab. Kulon Progo. Pj. Bupati Kulon Progo, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ir. RM. Astungkoro, M.Hum memimpin rapat exit meeting, yang dihadiri Tim Pemeriksa BPK RI, Sekretaris Daerah, beserta jajarannya, Inspektorat, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

 

Rapat dimulai dengan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) bantuan parpol, yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri, untuk dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan partai politik. Tim BPK RI menyampaikan beberapa permasalahan dalam bantuan parpol diantaranya terkait administrasi keuangan, bukti pendukung, pertanggungjawaban, dan penggunaan dana bantuan. Tim Pemeriksa BPK RI kemudian melanjutkan dengan paparan terkait rangkaian pemeriksaan terinci atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kulon Progo tahun anggaran 2016. Tim menyampaikan beberapa temuan dan kesimpulan terkait hasil pemeriksaan. Adapun untuk LHP akan segera terbit dalam seminggu ke depan. Dalam kesempatan tersebut Tim Pemeriksa BPK RI berharap untuk kedepannya, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui OPD untuk mengoptimalkan Sistem Pengendalian Intern dalam pengelolaan keuangan, sehingga dalam pemeriksaan selanjutnya Tim Pemeriksa BPK RI akan fokus untuk meyakinkan kewajaran atas akun-akun dalam Laporan Keuangan, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Selanjutnya Sekretaris Daerah, Ir. RM. Astungkoro, M.Hum, dalam rapat tersebut menyampaikan beberapa tanggapan atas hasil pemeriksaan, terutama kendala dan permasalahan di OPD. Sekretaris Daerah juga memerintahkan kepada OPD yang terdapat temuan untuk segera menindaklanjuti maupun memberikan tanggapan atas hasil pemeriksaan tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Tim Pemeriksa BPK RI, karena dengan adanya pemeriksaan dapat dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan di masa yang akan datang.

« Kembali | Kirim | Versi cetak