Pemantauan Asset dan Stock Opname

Pada tanggal 07 Maret 2012 sampai dengan 13 Maret 2012, Inspektorat Daerah Kulon Progo melaksanakan kegiatan Pemantauan Asset dan Stock Opname khusus pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Dalam kegiatan ini, Inspektorat Daerah menerjunkan 8 Tim yang dibagi di 10 SMA Negeri, 6 SMK Negeri dan 12 UPTD Paud dan Dikdas Kecamatan yang membawahi SMP, SD dan TK Negeri yang ada di wilayah Kecamatan masing-masing.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan barang di lingkungan Dinas Pendidikan masih terdapat beberapa kendala, diantaranya yaitu:

  1. Masih banyak pengelola barang yang belum menguasai pemakaian aplikasi/program pengelolaan asset yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo.
  2. Belum adanya kesamaan persepsi mengenai klasifikasi barang.
  3. Kesalahan persepsi mengenai penilaian ulang bangunan/gedung

          dan masih banyak kendala-kendala lain yang ditemui.

Dengan pelaksanaan Pemantauan Asset dan Stock Opname ini diharapkan dapat memberikan solusi kesulitan ataupun kesalahan dalam kegiatan pengelolaan asset ataupun menampung kendala yang dihadapi di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, yang nantinya dapat diberikan solusi ataupun tindak lanjut dari permasalahan-permasalahan tersebut.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan juga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.   (punk)