Pengawasan Sektor Pariwisata dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta

Mengawal prioritas pembangunan strategi di DIY. Melakukan sinergi pengawasan yang tentunya tematik dan sesuai dengan issu strategi. Rapat dibuka oleh Slamet Tulus Wahyana selaku Kepala BPKP perwakilan DIY. Rabu (5/5) Menindaklanjuti undangan Pra-Rakorwasinkeubang D.I. Yogyakarta tahun 2021 nomor S-1152/PW12/3/2021 dari BPPKP Perwakilan D.I. Yogyakarta, Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo yang diwakili Inspektur Daerah Kabupaten Kulon Progo Riyadi Sunarto bersama Kasubag Umum dan Kepegawaian Dheny Setyawati serta Staf Administrasi Sugito untuk mengikuti acara Pra-Rakorwasinkeubang yang diadakan di Ruang Rapat Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta.

Rakorwas ini sebagai langkah inisiatif BPKP untuk koordinasi pengawasan dengan Tema isu strategis terkait dengan pariwisata. Tujuan pengawasan ini adalah untuk  Penguatan kapasitas dan kualitas pengawasan terkait isu strategis daerah terkait dengan kepariwisataan di Kabupaten/Kota propinsi yang akan menindak lanjuti, Mencoba melakukan peran pengawasan yang benar-benar bisa mendukung keberhasilan dan masukan pada saat melakukan pengawasan yg terkait dengan pariwisata terhadap atensi kepala daerah.

Desain/Rencana Aksi Rakorwasinkeubang DIY tahun 2021 Berkomitmen untuk memperkuat sinergitas antara perwakilan BPKP DIY dan APIP Daerah dalam mengawal pencapaian tujuan pembangunan strategis pariwisata DIY, Melakukan monitoring atas alokasi anggaran pariwisata pada APBD dimasing2 pemda, Melakukan revieu atas keterkaitan  antara program/kegiatan pariwisata didaerah dengan pembangunan wisata terkait kawasan pariwisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Melakukan monitoring atas kemajuan program/kegiatan pembangunan sector pariwisata dan Melakukan evaluasi atas program/kegiatan.

Tiga sasaran Rakorwasin Keubang Koordinasi dan kolaborasi perwakilan BPKP DIY dan APIP Daerah, Penguatan kapasitas  dan kualitas pengawasan isu strategis pembangunan daerah (khususnya bidang pariwisata) dan Peran pengawasan yang benar-benar mendukung isu strategis.Pengawasan Sektor Pariwisata dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta