Gambaran Umum Setiap Satuan Kerja dan Tugas Pokok dan Fungsi Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo

INSPEKTORAT DAERAH

Tugas

Membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan oleh Perangkat Daerah.

Fungsi

  • perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
  • pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
  • pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan dari Bupati dan/atau Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat;
  • pelaksanaan pengawasan sebagian urusan keistimewaan;
  • penyusunan laporan hasil pengawasan;
  • pelaksanaan koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi;
  • pengawasan pelaksanaan program reformasi birokrasi;
  • pelaksanaan administrasi inspektorat Daerah Kabupaten; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.

 

SEKRETARIAT

Tugas

Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan.

Fungsi

  • penyusunan program kerja Sekretariat;
  • penyusunan program kerja Inspektorat Daerah;
  • pengelolaan administrasi perkantoran;
  • penyelenggaraan kepegawaian Inspektorat Daerah;
  • pengelolaan keuangan Inspektorat Daerah;
  • penyelenggaraan kerumahtanggaan, kepustakaan, kearsipan kehumasan, dan ketatalaksanaan Inspektorat Daerah;
  • pengelolaan sarana dan prasarana;
  • pengelolaan data dan sistem informasi;
  • pemantauan dan evaluasi program serta penyusunan laporan kinerja Inspektorat;
  • pengoordinasian pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Pengendalian Internal Inspektorat Daerah;
  • pelaksanaan koordinasi antar Inspektur Pembantu;
  • penatausahaan kegiatan pengawasan sebagian urusan keistimewaan;
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan bidang tugasnya.
  •  

Subbagian Umum dan Kepegawaian

Tugas

Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan kerumahtanggaan, ketatausahaan, asset sarana dan prasarana, serta administrasi kepegawaian.

Fungsi

  • penyusunan rencana kerja Subbagian;
  • pengelolaan ketatausahaan yang meliputi: surat menyurat, tata laksana, perbekalan, kearsipan dan perpustakaan;
  • penyelenggaraan kerumahtanggaan yang meliputi: keprotokolan, kebersihan, keamanan, akomodasi dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kerumahtanggaan;
  • pengelolaan aset sarana dan prasarana meliputi: pengadaan dan penghapusan barang inventaris dinas, perawatan ruang kerja, perawatan kendaraan dinas dan pengadaan pakaian dinas batik;
  • pelayanan kehumasan;
  • pengelolaan administrasi kepegawaian meliputi: analisa jabatan dan beban kerja, usulan pengadaan, kenaikan pangkat, usulan pendidikan dan pelatihan, cuti, penilaian kinerja pegawai, sistem
  • informasi kepegawaian, kesejahteraan pegawai dan kegiatan lain yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian;
  • koordinasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Budaya Pemerintahan, Zona Integritas, administrasi inovasi pelayanan publik, dan Sistem Manajemen Mutu;
  • pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan tugas Subbagian; dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Subbagian Keuangan

Tugas

Subbagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan dinas.

Fungsi

  • penyusunan rencana kerja Subbagian;
  • pengelolaan keuangan Inspektorat Daerah;
  • pengelolaan perbendaharaan keuangan Inspektorat Daerah;
  • penyelenggaraan akuntansi dan pelaporan keuangan Inspektorat Daerah;
  • pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan tugas Subbagian; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Subbagian Perencanaan

Tugas

Subbagian Perencanaan memiliki tugas menyusun perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan.

Fungsi

  • penyusunan rencana kerja Subbagian;
  • pengoordinasian penyusunan rencana kerja Inspektorat Daerah;
  • pengoordinasian pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan
  • Inspektorat Daerah;
  • pengoordinasian pelaksanaan akuntabilitas kinerja;
  • pengoordinasian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Daerah;
  • pengoordinasian perencanaan dan evaluasi program kegiatan pengawasan Sebagian urusan keistimewaan;
  • pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan tugas Subbagian; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

INSPEKTUR PEMBANTU (IRBAN)

Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan

Tugas 

Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan pengawasan bidang pemerintahan.

Fungsi

  • perumusan kebijakan teknis pengawasan Inspektorat pembantu bidang pemerintahan;
  • pengoordinasian pelaksanaan pengawasan bidang pemerintahan;
  • pengoordinasian pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan kelompok jabatan fungsional;
  • pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah dan klarifikasi kasus pengaduan bidang pemerintahan;
  • pelaksanaan pendampingan, asistensi dan fasilitasi pengawasan bidang pemerintahan;
  • pelaksanaan pengawasan sebagian urusan keistimewaan sesuai bidangnya;
  • penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas bidang pemerintahan kepada Inspektur; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas dan fungsinya.

Inspektur Pembantu Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat

Tugas 

Inspektur Pembantu Bidang Perekonimian dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadapap kelompok bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Fungsi

  • perumusan kebijakan teknis pengawasan Inspektorat pembantu bidang perekonomian dan kesejahteraan;
  • pengoordinasian pelaksanaan pengawasan bidang perekonomian dan kesejahteraan;
  • pengoordinasian pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan kelompok jabatan fungsional;
  • pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah dan klarifikasi kasus pengaduan bidang perekonomian dan kesejahteraan;
  • pelaksanaan pendampingan, asistensi dan fasilitasi pengawasan bidang perekonomian dan kesejahteraan;
  • pelaksanaan pengawasan sebagian urusan keistimewaan sesuai bidangnya;
  • penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas bidang perekonomian dan kesejahteraan kepada Inspektur; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas dan fungsinya.

Inspektur Pembantu Bidang Prasarana Wilayah dan Lingkungan Hidup

Tugas

Inspektur Pembantu Bidang Prasarana Wilayah dan Lingkungan Hidup memiliki tugas menyelenggarakan pengawasan, evaluasi dan pemantauan tindak lanjut kegiatan pengawasan terhadap kelompok Urusan Prasarana Wilayah dan Lingkungan Hidup.

Fungsi

  • perumusan kebijakan teknis pengawasan Inspektorat pembantu bidang Prasarana Wilayah dan Lingkungan Hidup ;
  • pengoordinasian pelaksanaan pengawasan bidang prasarana wilayah dan lingkungan hidup;
  • pengoordinasian pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan kelompok jabatan fungsional;
  • pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan PemerintahanDaerah dan klarifikasi kasus pengaduan
  • bidang prasarana wilayah dan lingkungan hidup;
  • pengoordinasian pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan kelompok jabatan fungsional;
  • pelaksanaan pendampingan, asistensi dan fasilitasi pengawasan bidang prasarana wilayah dan lingkungan hidup;
  • pelaksanaan pengawasan sebagian urusan keistimewaan sesuai bidangnya;
  • penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas bidang prasarana wilayah dan lingkungan hidup kepada Inspektur; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas dan fungsinya.

Inspektur Pembantu Bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi

Tugas 

Tugas Inspektur Pembantu Bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi adalah melaksanakan pencegahan dan investigasi penyimpangan terhadap pelaksanaan urusan pemerintah daerah.

Fungsi

  • perumusan kebijakan teknis pengawasan Inspektorat pembantu bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi;
  • pengoordinasian pelaksanaan pengawasan bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi;
  • pengoordinasian pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan kelompok jabatan fungsional;
  • pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah dan klarifikasi kasus pengaduan
  • bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi;
  • pelaksanaan pendampingan, asistensi danfasilitasi pengawasan bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi;
  • pelaksanaan pengawasan sebagian urusan keistimewaan sesuai bidangnya;
  • penyiapan bahan laporan pelaksanaan tugas bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi kepada Inspektur; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas danfungsinya.

 

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Inspektorat sesuai keahlian dan kebutuhan.