PENGANUGERAHAN KEPADA INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN KULON PROGO SEBAGAI BADAN PUBLIK INFORMATIF

Salah satu ketugasan Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (KID DIY) adalah mengawal implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dapat dilaporkan kepada Gubenur Daerah Istimewa Yogyakarta dengan melakukan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik di DIY. Dengan dasar hukum Pasal 7 UU KIP, Pasal 37 dan 38 Perki Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik, serta Pasal 4 Huruf d Pergub DIY Nomor 29 Tahun 2016 tentang Komisi Informasi Daerah, KID DIY bermaksud mengadakan “Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021”.

Maksud dari Monitoring dan Evaluasi (Monev) tahun 2021 adalah mendorong percepatan dan peningkatan kualitas Keterbukaan Informasi Publik di Badan Publik di DIY. Sementara Tujuan: melakukan pemetaan pelaksanaan UU KIP di badan publik di DIY, melakukan pemeringkatan terhadap kelengkapan,responsibilitas Badan Publik di DIY terhadap pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik, mendapatkan data terkait program peningkatan percepatan penerapan keterbukaan informasi publik di DIY, sebagai upaya masukan kepada pemerintah DIY dan Kota /kabupaten dalam melakukan pembinaan dan penataan PLID, pemberian penghargaan kepada OPD yang melaksanakan transparansi, partisipasi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Badan Publik yang akan diikutsertakan dalam pelaksanaan monev Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2021 dikelompokkan ke dalam beberapa cluster berikut ini:

  1. Pemerintah Kabupaten /Kota se-DIY
  2. OPD Pemerintah Daerah DIY
  3. OPD Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY
  4. Badan Non Struktural se-DIY
  5. OPD Kapanewon/Kemantren se-DIY
  6. Lembaga Legislatif se-DIY
  7. Lembaga Yudikatif se-DIY
  8. Instansi Vertikal se-DIY
  9. Partai Politik se-DIY
  10. Badan Usaha Milik Daerah se-DIY

Monev tahun 2021 dilaksanakan dalam 2 kegiatan yaitu melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi Badan Publik dan penentuan juara 1, 2, dan 3 untuk tiap-tiap cluster.

Penentuan juara 1, 2, dan 3 untuk tiap-tiap cluster dilakukan dengan visitasi terhadap 3 Badan Publik yang memperoleh nilai tertinggi pada setiap cluster dengan syarat apabila nilainya minimal 90 (memenuhi kualifikasi “Informatif”). Dengan demikian, belum tentu terdapat juara 1, 2, dan 3 dalam setiap cluster.

Berdasarkan hasil pelaksanaan monev Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2021, Komisi Informasi Daerah DIY memberikan penganugerahan kepada Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo sebagai Badan Publik Informatif dengan total nilai 96,06. Dengan predikat informatif ini, diharapkan percepatan dan kualitas Keterbukaan Informasi Publik di Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo dapat terus ditingkatkan.