Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo Turut Serta Menyukseskan Gerakan P3DN

Sesuai amanat yang diberikan Presiden Joko Widodo yang tercantum pada Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, maka Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dihimbau untuk mempercepat peningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Dalam instruksi tersebut, Presiden memberikan amanat kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menjalankan tugas Pengawasan Percepatan Program Peningkatan Produk dalam Negeri (P3DN) serta mengoordinasikan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam lingkup Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah.

Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo sebagai instansi di bidang pengawasan turut melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan P3DN di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progo. Peran yang dilaksanakan yaitu melakukan input Data Rencana Umum Pengadaan, Validasi Rencana Pengadaan, Realisasi Pengadaan dan Monitoring terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo memperoleh capaian urutan pertama dari 345 daerah yang memiliki prosentase belanja Produk Dalam Negeri (PDN) terbesar di tingkat nasional. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Daerah Kulon Progo yang menggunakan berbagai produk lokal dalam pengadaan seperti produk Air-KU, Padi Melati Menoreh (Padi Menor) dan penggunaan batik Geblek Renteng sebagai baju dinas untuk seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.