Workshop Evaluasi Maturitas SPIP 2022

Workshop evaluasi maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 2022 telah dilaksanakan di aula Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo pada hari Senin (1/8) pukul 11.00 WIB. Workshop ini dihadiri oleh Inspektur Pembantu Bidang Investigasi dan Reformasi Birokrasi Ibu Ari Fitriani, SE. MM., pihak perwakilan dari BPKP Wilayah D.I. Yogyakarta serta seluruh pegawai Jabatan Fungsional Auditor (JFA).

Hal yang dibahas dalam workshop kali ini adalah materi rewind mengenai pengoperasian website SPIP untuk para pegawai JFA yang memegang tanggung jawab sebagai asesor ketaatan dan asesor satuan kerja (satker) SPIP pada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Proses yang ada di aplikasi SPIP terdiri dari Penilaian Mandiri (PM) dan Penjaminan Kualitas (PK). Untuk tahapan SPIP yang sedang dijalani oleh Pemkab Kulon Progo adalah proses persiapan Penilaian Mandiri (PM). Sebagai pihak yang bertanggung jawab sebagai tim PM dan tim PK, maka Inspektorat Daerah akan bekerja dalam waktu 1 hingga 2 minggu kedepan untuk melakukan penilaian dan kemudian menyusun laporan hasil penilaian yang telah dilakukan.

Adanya workshop evaluasi maturitas SPIP 2022 ini diharapkan seluruh auditor serta pihak yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini dapat lebih mengerti dalam pengoperasian aplikasi serta dapat melaksanakan penilaian dengan baik, tertib, dan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.